Melayu Pukal Dumai

SahabatRiau
0


Kunjungan Silaturahim Idul Fitri 1444 H LAMR Kota Dumai di kediaman Dr. H. M. Rizal Akbar, M. Phil dihadiri oleh semua elemen Pengurus LAMR kota Dumai, Mulai dari Majlis Kerapatan Adat, Dewan Kehormatan Adat serta Dewan Pengurus Harian. Robongan yang berjumlah lebih dari 50 orang itu dipimpin langsung oleh Ketua DPH LAMR Kota Dumai Drs. H. Zamhur Egab.

Dalam sambutannya DR. H. M. Rizal Akbar menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas perkenan para petinggi Adat Istiadat Melayu Kota Dumai hadir dirumah kediamaannya. Selaku akademisi yang konsent dengan perkembangan kebudayaan dan adat Istiadat Melayu, dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa LAMR kota Dumai harus menjadi teras peradaban Melayu yang "pukal".

Menurutnya integrasi kebudayaan Melayu yang beragam diantara melayu Perpatih dan Ketemenggungan, Melayu Darat dan pesisir, Adat Melayu yang tumbuh dari persukuan dan yang turun dari istana, semuanya ada di Dumai. Sehingga menurutnya Melayu Dumai adalah melayu yang "Pukal" dengan mengintegrasikan berbagai keragaman adat, nilai, tatanan dari kepelbagaian itu. 

Doktor pengiat kajian ekonomi etnis Selat Melaka ini, yakin bahwa Dumai akan menjadi kiblat kebudayaan Melayu jika mampu memahami keragaman itu dan menyatukan secara "pukal" Sehingga melahirkan cita rasa kebudayaan Melayu yang bernuansa penyatuan. Menurutnya itulah tugas berat yang diemban oleh LAMR Dumai saat ini, dan beliau yakin LAMR dibawah komando Ketua Harian Drs. H. Zamhur Egab mampu mengemban amanah tersebut, dengan bekal pengalaman dan  jaringan yang luas, serta didukung oleh silsilah keturunan beliau yang watan dan  keluarga besarnya yang tersebar di kota Dumai. 


Ditulia oleh : Amel

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)