Ujung Tanjung Kampung Terjanjikan

SahabatRiau
0

SAHABATRIAU, Ujung Tanjung adalah sebuah Desa di kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).Undang-undang Nomor 53 tahun 1999, tentang pembentukan kabupaten Rokan Hilir untuk pertama kalinya, menunjuk kawasan ini sebagai ibukota kabupaten Rokan Hilir tersebut. Namun hal itu tidak pernah terjadi sampailah  perubahan ketiga UU No 53 tahun 1999 itu disepakati oleh DPR, dan akhirnya ibukota Rokan Hilir berada di Bagansiapiapi.

Ketika bersilaturahmi dengan Datuk Penghulu Desa Ujung Tanjung Datuk H. Syamsuri, Af, beliau banyak mengisahkan bagaimana pengalaman leluhur mereka membuka kawasan ini. Sehingga Jabatan Datuk Penghulu yang diembannya saat ini adalah turun dari kakek dan Bapaknya H. Afandi.Beliau juga banyak mengisahkan bagaimana proses perjuangan panjang mengupayakan kedudukan ibukota kabupaten sebagai mana amanat undang-undang tersebut meskipun akhirnya harus menerima kenyataan yang ada. 

Ujung Tanjung yang merupakan kawasan lintas timur sumatera yang menghubungkan Riau Sumatera Utara ini berkembang pesat dengan jumlah penduduk yang makin meningkat. Komoditi sawit menjadi lokomotif utama ekonomi kawasan, sehingga tidak heran meskipun masih bersetatus Desa, modrenisasi kawasan berkembang pesat. Selaras dengan perkembangan kebun dan industri sawit yang tumbuh. Kawasan ini sangat strategis dan menjadi kawasan terjanjikan yang memungkinkan menjadi pusat pertumbuhan baru bagi kawasan Riau dimasa depan. 

Penulis: Rizal Akbar

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)