Tentang Cahaya : Peringatan Maulid Bersama Ustad DR Mustafa Umar

SahabatRiau
0


SAHABATRIAU, Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1443 H, di Pasantren Al Faruqi Kampar Riau dilaksanakan pada Sabtu (30/10). Dengan penceramah Ustad DR. H. Mustafa Umar, yang juga dihadiri Oleh Bupati Kampar, Ketua Yayasan Islam Al Afkar Hj. Mahyani serta seluruh kerabat keluarga besar Faqih H. Mat Royan. Dalam ceramahnya Ustad Mustafa Umar menjelaskan tentang cahaya. Bahwa kelahiran Rasullah Membawa cahaya yang menerangi kehidupan manusia.

Beliau mengaitkan hal tersebut dengannya peristiwa ketika Baginda Rasulullah didalam kandungan Ibunya Aminah dimana dikisahkan bahwa disatu malam perut ibunda beliau mengeluarkan cahaya. Begitu pula disaat Halimatussa’diah ibu susuan baginda juga menyaksikan hal yang sama dimana kehidupan mereka menjadi bercahaya, ternak mereka yang kurus, tanaman yang mengering, begitu mereka mengambil baginda sebagai anak susuan semuanya berubah seakan dilingkupi cahaya kehidupan.

Demikianlah ketika masyarakat Madinah menyambut kedatangan Beliau dengan salawatan “Thala’al Badru ‘alaina”, wahai bulan purnama yang terbit pada kita. “Minsani yaatilwada’i” Dari lembah Wada’a. Mereka menyambut Baginda seakan kehadiran rembulan yang sinarnya menyejukkan menginspirasi dan menyemangati kehidupan. Dan dia masuk ke Madinah melalui jalur yang tidak biasa yang diyakini oleh masyarakat Yahudi sebagai pintu masuk yang tidak mungkin bisa dimasuki oleh manusia biasa, yakni lembah Wada’.

Demikian sekilas catatan ceramah Maulid yang luar biasa disampaikan oleh Ustad DR. Mustafa Umar Ketua Yayasan Tafaqquh.

ditulis oleh : Rizal Akbar

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)