Tentang Covid-19 di Dumai

SahabatRiau
0
Oleh: Dewi Sartika
Mahasiswa PAI IAITF 

Permasalahan pandemi Corona Covid-19 tak henti-hentinya terdengar sayup-sayup di telinga kita.  Hari silih berganti namun tidak untuk Pandemi Covid -19. Sebenarnya kita perlu mengetahui masalah apa yang sedang Indonesia hadapi khususnya di lingkungan kita Kota Dumai dalam menghadapi penyebaran Virus Corona Covid-19.

Tercatat hingga Sabtu lalu per tanggal 11 April 2020, dikutip dari halaman media Dinas Kesehatan Kota Dumai, terhitung sebanyak 776 kasus yang tersebar di beberapa kecamatan di Kota Dumai dengan jumlah ODP sebanyak 748 kasus,  PDP sebanyak 27 kasus dan terkonfirmasi sebanyak 1 kasus. Bukan masalah kecil, kan?? Tentunya jumlah ini semakin hari kian meningkat.
Tantangan utama pemerintah dalam menangani penyebaran Virus Corona atau Covid-19, yakni mencari pasien terduga positif Covid-19, dan menyerukan imbauan social distancing, serta isolasi mandiri. Pasien yg terduga positif Covid-19 akan dirawat di Rumah Sakit rujukan di daerahnya.
Lalu, apa yang harus kita lakukan?
Lindungi Diri dan Orang Lain
Sampai saat ini Covid-19 belum memiliki vaksin, sehingga cara terbaik untuk tidak terinfeksi adalah dengan menghindari penyebaran virus.
Kenapa harus Social Distancing?
Covid-19 menyebar dengan cepat. Baru-baru ini ramai pemberitaan orang dapat terinfeksi tanpa menunjukkan gejala-gejala pasti. namun, tetap dapat menyebarkannya ke orang lain. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa.
Jika kita tidak melakukan upaya pencegahan berupa menghindari keramaian, jumlah orang terinfeksi akan meledak dan fasilitas layanan kesehatan yang ada saat ini akan kewalahan sehingga banyak kasus yang tidak tertangani.
Melawan virus Covid-19 menjadi tantangan untuk setiap orang dan jadilah masyarakat tangguh bersama-sama kita menghentikan penyebaran Covid-19

***

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)