Bukan Hanya Memiliki Wisata Pantai Yang Indah, Rupat Utara Juga Punya Helat Unik Sambut Bulan Muharram

Setulus Embun
0

Pawai Ta’aruf Desa Tg.Punak 

SAHABATRIAU, Sebagai sebuah kawasan wisata terdepan diselat Melaka, Rupat Utara juga memiliki perhelatan menarik yakni perayaan menyambut tahun baru Islam. Gema Muharram dan Pawai Ta’aruf merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan di Kec.Rupat Utara. Ketika sudah memasuki Awal tahun Hijriah seluruh warga di Kec. Rupat Utara menyambutnya dengan sangat antusias hal ini tidak terlepas dari kesakralan bulan muharram itu sendiri dan tradisi adat bersendikan syara' ini telah di lestarikan oleh turun temurun masyarakat setempat. 

Acara mendoa menyambut 1 Muharram 1444 H
Mesjid Jamik Al-Muttaqin Tg. Punak

Seperti yang terjadi di Desa Tanjung Punak, pada malam 1 Muharram masyarakat secara bersama-sama melakukan acara mendoa bersama yang dilaksanakan di mesjid Jamik Al-
Muttaqin. Di desa ini memiliki kebiasaan yang unik yaitu membawa makanan dan minuman masing-masing untuk di hidangkan setelah acara mendoa selesai. Rangkaian acara di mulai dari pembukaan oleh kepala desa Tg.Punak (Asri Ismail), dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-qur’an, tausiah agama oleh (ust.Iskandar) dan ditutup dengan doa bersama. 

Mahasiswa KKN IAITF DUMAI membantu
persiapan konsumsi acara mendoa 1 Muharram 1444H

Keesokan paginya seluruh warga masyarakat di Kec.Rupat Utara melakukan Pawai Ta’aruf, adapun yang menjadi titik kumpulnya bertempat di SMPN 1 Rupat Utara. Dan dalam pelaksanaanya masyarakat diwajibkan untuk memakai pakaian berwarna serba putih, ini bermaksud putih memiliki makna bersih dan suci, maka masyarakat juga di harapkan dalam menyonsong tahun baru Islam 1444 H ini juga di awali dengan hati dan jiwa yang bersih. 


Tepuk Tepung Tawar oleh
Bapak Asri Ismail (Kades Tg.Punak) 

Kegiatan ini sangat menarik perpaduan budaya dan agama menambah cita rasa khazanah keilmuan, terutama bagi kami yang merupakan Mahasiswa KKN Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai. Rangkaian acara yang di mulai dengan Tepuk Tepung Tawar oleh bapak Camat beserta Kepala Desa Rupat Utara dan dilanjutkan dengan Pawai bersama menuju Taman Medang dengan membawa miniatur ka’bah, Manggar serta diiringi kompang menuju taman Medang. Dan kegiatan ini diakhiri dengan tabliq akbar dimalam harinya di lapangan kantor camat rupat Utara.


Penulis : Kesi Dewita Sari 
DPL.      : Deni Suryanto, M.Pd

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)