PIPSM Wilayah Riau Terbentuk

SahabatRiau
0
Bertempat di ruang pertemuan Senat FMIPA Universitas Riau, rapat koordinasi Perhimpunan Ilmuwan Selat Melaka (PIPSM) dilaksankan pada Kamis, 17/10 yang lalu. Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Sekjen PB PIPSM Dr. H.M. Rizal Akbar, S.Si, M.Phil bersama Dekan FMIPA-UR Dr. Syamsudhuha itu diikuti oleh berbagai kalangan ilmuwan, yang berasal dari UR, UIN, UIR, UNILAK serta berbagai perguruan tinggi lainnya baik yang berada di pekanbaru maupun diluar Pekanbaru.

Rizal menjelaskan bahwa PIPMS merupakan wadah berhimpun para ilmuwan yang konsen terhadap persoalan Selat Melaka. Untuk jangka pendek perhimpunan lebih diarahkan kepada ajang silaturahmi bagi para ilmuan dari berbagai disiplin ilmu sehingga melebur dalam sebuah kepentingan bersama yakni penyelamatan dan pemberdayaan selat Melaka. Untuk jangka menengah perhimpunan akan diarahkan sebagai pusat kecemerlangan terutama dalam memberikan dukungan kepada kemajuan para ilmuwan dan institusi perguruan tinggi nya melalui program-program konferensi serta penerbitan yang bertaraf international.

Dan untuk jangka panjang perhimpunan akan bergerak kearah kolaborasi internasional yang melahirkan "Institut Selat Melaka" yang berfungsi sebagai pusat pengajian pasca sarjana serta agensi yang dapat memberikan pertimbangan akademik dalam kebijakan pemerintah negara-negera berkepentingan sehubungan dengan selat Melaka.

Rapat memutuskan formatur kepengurusan PIPSM Wilayah Riau yakni Dr. Arisman Adnan sebagai ketua formatur bersama enam orang lainnya. Selain menetapkan formatur PIPSM Wilayah Riau rapat juga membahas masukan-masukan untuk melengkapi kepengurusan PB PIPSM serta usulan-usulan sub tema baru yang akan dibahas pada Simposium Internasional Selat Melaka pada bulan Maret 2020 mendatang.

https://www.pipsm.com/2019/10/pembacaan-deklarasi-perhimpunan-ilmuan.html
https://www.pipsm.com/2019/10/ilmuan-selat-malaka-berkumpul-di-uitm.html
https://www.pipsm.com/2019/10/simposium-selat-malaka-pertama-akan_13.html
https://www.pipsm.com/2019/10/ilmuwan-selat-melaka-berkumpul-di.html

ra


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)