Elektabilitas Hendri & Rizal Meningkat.

SahabatRiau
2
Elektabilitas pasangan Hendri Sandra & Rizal Akbar meningkat hanya dalam waktu satu bulan sejak pasangan ini menentukan sikapnya untuk berpasangan. Hendri Sandra dan Rizal Akbar yang membawakan tagline HANDAL terlihat unggul dalam polling Medsos kota Dumai. Dari 1.382 voter 42 persen memilih pasangan Hendri & Rizal, 40,4 persen memilih Edi Sepen & Zainal dan dikuti 14,3 persen memilih Paisal & Amris serta  3,3 persen memilih pasangan Eko & Syarifah. 

DR (Can) Faizal Nurmatias, ME selalu pakar analisi data menyatakan bahwa dengan jumlah voters 1.382 orang polling ini dapat dijadikan acuan sementara dalam mengukur kecendrungan elektabilitas calon, sebab jumlah keterlibatan voters sebanyak itu sudah cukup besar, artinya paling tidak untuk asumsi normalitas data sudah dapat terpenuhi. 

Faisal menegaskan polling seperti ini sudah barang tentu tidak mengunakan kaidah probabilitas sampling, sehingga tidak dapat dijeneralisasikan. Namun elektabilitas yang ditunjukan pada polling ini paling tidak dapat dijadikan argumentasi dalam proses politik yang memang selalu sangat longgar dan cenderunh probabilistik tegasnya.

#adm

Posting Komentar

2Komentar

Posting Komentar