Netralitas Sains

SahabatRiau
0
Oleh: Meslia

Pengetahuan adalah hasil dari pemikiran, pengetahuan (knowledge) bisa berubah menjadi ilmu (sience). Ilmu adalah susunan dari pengetahuan yang mempersoalkan bagian tetentu dari alam pada tingkat hewan, pengetahuan itu dibawa oleh dorongan hidup dan insting. Pada tingkat manusia yang berbudi, pengetahuan itu pertama diperoleh dari pengalaman dan kedua dengan usaha yang dilakukan dengan sengaja untuk mengetahui dengan obyektif alam sekitar berdasarkan penyelidikan dan pembentukan kones-konsep rasional.
Netral biasanya diartikan tidak memihak. Dalam kata sains netral berarti juga terpakai, artinya sains tidak memihak pada kebaikan dan tidak juga pada kejahatan. Itulah sebabnya sains netral sering diganti dengan istilah sains bebas nilai (value free) sedangkan lawan katanya adalah Sains terikat nilai (value bound). Sains bersifat tidak netral akan terhukumi oleh nilai-nilai norma agama baik aspek secara ontology, epistimologi, aksiologi, dan antropologi.
Sebagai salah satu contohnya seperti kita menggunakan pisau untuk memotong-motong bawang atau benda-benda yang lainnya, atau juga pisau tersebut digunakan tergantung dengan siapa yang membawanya. Serta contoh yang lain seperti sekarang ini dengan adanya wabah virus corona atau yang sering disebut dengan istilah covid-19 sering menimbulkan isu-isu dan teori konspirasi yang timbul dikalangan masyarakat. Ada yang berpendapat bahwa virus corona ini hasil uji coba yang dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin mengurangi sedikit banyaknya populasi masyarakat dunia, ada juga yang mengatakan bahwa virus corona yang terjadi di wuhan itu adalah senjata biologi China yang bocor dan sebagainya.
Semua pemahaman tentang teori sains ini tidak boleh kita percayai tetapi hanya boleh kita ketahui saja, karena sains ini tidak menemukan kebenaran, karena kebenaran hanya milik Allah SWT.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)