Penerimaan Mahasiswa Baru IAITF

Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai tahun 2020, layari www.pmb.iaitfdumai.ac.id

Budaya

Akademia

» » » » » » » » Cipsf-IAITF Sukses Taja Webinar International Zakat

Panitia Gebyar Ramadhan Cipsf 1441 H
Center for Islamic Philantropy & Sicial Finance Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (Cipsf-IAITF) Dumai, kembali menaja kegiatan bersekala Internasional. Kali ini dilaksankan Webinar International Zakat dengan tema “Zakat dan Pemberdayaan Ekonomi Ummat dimasa Covid-19” 

Indah Zalina, SH Selaku ketua panitia menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksankan sebagai rakngkaian kegiatan Gebyar Ramadhan 1441 H Cipsf-IAITF. Selain Webinar International Zakat, juga dilaksankan Gerakan Lawan penyebaran Covid-19,dengan aktifitas sosialisasi, spanduk dan konten-konten anjuran di Medsos, dilaksankan pula penyemprotan Desinfectan di Masjid-masjid dan mushalla. 
Kegiatan IAITF Mengaji dengan Penceramah Ustadzah 
Lestary Fitriany, ST ME dengan Host Ustazah Yayuk

Selain itu, juga dilaksanakan kegiatan IAITF Mengaji setiap ba'da Zhuhur selama Ramadhan 1441 H, yang disiarkan secara langsung melalui  Facebook, dengan materi kajian Ramadhan yang dibawakan oleh  Ustad/zah yang berasal dari para dosen dan alumni IAITF Dumai


Kegiatan lainnya kata Indah, adalah Kasih Idul Fitri, alhamdulillah Cipsf-IAITF kali ini berhasil menghimpun paket sembako sebanyak 100 paket yang didistribusikan kepada masyarakat di kelurahan Kampung Baru Bukit Kapur Dumai. Paket sumbangan itu terdiri dari Beras, Minyak Goreng, Gula, Telor, Teh, Sirup dan lainnya seharga satu paket Rp, 130.000,-. Penyaluran dilaksanakan pada 18 Mei 2020/25 Ramadhan 1441 H, Ba'da sholat Asyar di Masjid Baiturrahim RT 06 Kampung Baru.

Penyerahan paket Kasih Idul Fitri Cipsf
oleh Windayani
Alhamdulillah ungkapnya, semua acara itu berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target yang direncanakan. Namun yang sangat kami banggakan adalah kegitan Webinar International Zakat itu, tegas Indah.  Kegiatan ini benar-benar melampai harapan kami, ungkapnya. Kegiatan yang dilaksanakan menggunakan media Meet dan siaran langsung Facebook mendapat sambutan yang hangat dari banyak ilmuan secara nasional dan Internasional sehingga dalam waktu yang tidak sampai seminggu terdaftar peserta sebanyak 500 oarang yang berasal dari perguruan tinggi mulai dari Papua sampai Aceh serta perguruan tinggi di Malaysia , sehingga kami harus menutup segera link pendaftaran untuk membatasi peserta. Selain itu kami juga mendapat respon yang positif dari para peserta atas pelayanan yang disampaikan melalui grup watsapp,  peserta ungkap Indah. 

Indah menjelsakan bahwa Webinar Zakat dilaksanakan berkolaborasi dengan UiTM Melaka, UIN Suska Pekanbaru, UIN Walisongo Semarang dan ICMI Orwil Riau, kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 21 Mei 2020/28 Ramadhan 1441H, dengan Prof. DR. H Alaiddin Koto, MA, ketua ICMI Orwil Riau sebagai Keynote Speacker, dengan Pemateri pertama, Prof Madya, DR. S. Salahudin Suyurno, 
Ketua Pusat Pengajian ACIS, UiTM Melaka. 
Pelaksanaan Webinar Zakat
Melalui media Meet

Kedua, Dr. Imam Yahya, M.Ag, Dosen FEBI & Direktur Rumah Mederasi Indonesia UIN Walisongo Semarang dan Ketiga, DR. Dziaudin Syarif, Koordinator Program Pengajian Akademik Islam Kontemporeri ACIS UiTM Melaka. Dengan Moderator, DR. H. M. Rizal Akbar, M.Phil Ketua Yayasan & Ketua CIPSF-IAITF Dumai. Seminar berjalan lancar selama dua jam dari pukul 10,00 sd 12,00 WIB yang diikuti oleh 500 orang peserta.

Seminar berjalan lancar, Prof Alaidin membentangkan konsep filosofi zakat sebagai proses pensucian diri dan harta, sementara Prof Salahudin mengetengahkan model zakat dalam membantu masyarakat terdampak covid-19 kepada asrama pelajar di kawasan Alor Gajah Melaka. Semtara DR. Imam Yahya pula menyampaikan proses penghimpunan zakat dimasa covid-19 dan mengetengahkan banyaknya lembaga-lembaga zakat menyebabkan sistem penghimpunan dan pendistribusian menjadi kurang terkawal. DR. Dziaudin pula mengetengahkan perbandingan perolehan serta distribusi zakat bagi negeri-negeri yang ada di Indonesia.

Pada sesi tanyajawab peserta seminar, berkembang pembahasan seputar fisabililah sebagai satu aznab zakat yang perlu dilihat dari makna yang umum, seperti para guru, pelajar serta para tenaga-tenaga medis yang terdepan dalam menangani wabah covid-19. Isu-isu lainnya adalah menyangkut fiqih zakat serta persoalan-persoalan zakat kontemporer lainnya.

*** RA

About 120974

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply