Penerimaan Mahasiswa Baru IAITF

Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai tahun 2020, layari www.pmb.iaitfdumai.ac.id

Budaya

Akademia

» » » » » Citimall Dumai, Diharapkan Majukan UMKM Lokal

Rencana akan beroprasinya Citimall Dumai pada penghujung Desember 2019 ini mendapat tanggapan positif dari pakar Ekonomi Pembangunan IAITF Dumai, Dr. H. M. Rizal Akbar, S.Si, M.Phil. Doktor Ekonomi terbaik Universitas Trisakti tahun 2016 ini memberikan apresiasi yang besar dengan hadirnya Citimall di kota Dumai. Menurutnya, Pembangunan Dumai memang selayaknya berwawasan kota (urban) yang ditopang oleh salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang modern, lengkap dan nyaman. Dengan demikian, sebagai sebuah kota Dumai memiliki potensi yang cukup besar untuk berkembang menjadi pusat peradaban baru di Provinsi Riau.

Hadirnya pusat perbelanjaan baru seperti Citimall itu, akan merangsang perkembangan diberbagai sektor ekonomi lainnya, ungkap beliau. Kehadiran Citimall Dumai paling tidak akan berdampak kepada peningkatan sektor pariwisata, dimana diperkirakan terjadi peningkatan kunjangan ke kota Dumai  baik dari masyarakat Bengkalis, Siak, Rohil dan kawasan sekitarnya, bahkan sangat memungkinkan wisatawan dari negeri jiran terutama Melaka dan Johor akan menjadikan Dumai sebagai salah satu alternatif destinasi wisata belanja dan kuliner. Jika sektor pariwisata meningkat maka akan pula menggairahkan sektor-sektor lainnya seperti jasa perhotelan, transportasi, kuliner serta usaha-usaha lainnya.

Dampak kemajuan ekonomi tersebut menurut Rizal, tentu diharapkan berimbas kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal. Untuk itu, Rizal berharap kiranya Citimall Dumai dapat membangun kemitraan yang baik dengan industri-industri lokal, serta berpihak kepada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Dumai.

Menanggapi akan munculnya dampak negatif atas kehadiran pusat perbelanjaan tersebut, Rizal menyatakan bahwa diperlukan regulasi yang jelas dalam mengatur segala kemungkinan yang ada. baik yang berkaitan dengan persaingan usaha, tenaga kerja lokal serta regulasi yang mengatur tentang jam oprasi pusat belanja, pasar modern dan sebagainya, hal ini memerlukan kepekaan dari pemerintah baik eksekutif maupun para legislator kita, ungkapnya.***

#dumai
#riau
#sahabatriau

About 120974

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 Comments: